Cara Membuat Proposal Penelitian

Cara Membuat Proposal Penelitian Proposal penelitian sering di sebut rancangan penelitian atau usulan penelitian. Di dalamnya memuat pendahuluan, Tinjauan Pustaka dan metodologi analisa data.

1. Pendahuluan

Pada sub bab pendahuluan proposal penelitian umumnya terdiri 5 (lima) sub pokok judul yakni : (1.1). latar belakang, (1.2). Permasalahan, (1.3). Tujuan Penelitian, (1.4). Manfaat Penelitian dan (1.5). Batasan Masalah
Uraian  tentang pendahuluan tidak harus panjang tapi harus bisa memberikan kesan pertama bagi pembaca bahwa penelitian yang dilakukan menarik untuk dilakukan.. Maksudnya, hal-hal seperti pada latar belakang harus menyajikan rumusan masalah yang baik dimana masalah harus menguraikan  Gap fenomena atau kesenjangan antara kenyataan dengan harapan dan keinginan yang ingin dipecahkan, pada permasalahan harus menyatakan secara jelas, masalah masalah yang akan di pecahkan, tujuan dan manfaat penelitian harus selaras dan konsisten dengan masalah yang akan dipecahkan dan pada batasan masalah, harus ada batasan masalah yang jelas sehngga penelitian yang dilakukan tidak bias atau terlalu general.  Umumnya BAB pendahuluan ditulis pada BAB - I. Lihat disini

2. Tinjauan Pustaka

Hal lainnya berupa studi literatur atau tinjauan pustaka harus disajikan dengan lengkap untuk mempertegas langkah penelitian yang akan dilakukan berdasarkan kajian literatur yang memiliki sumber terpecaya  seperti penelitian terdahulu dari jurnal, konsep teori bersumber dari buku buku literatur. Misalnya kalau penelitian anda konsentrasi pemasaran maka harus punya literatur buku buku pemasaran dan topik yang diambil yang ada kaitannya dengan variabel yang digunakan dalam penelitian. Tinjauan pustaka umumnya di tulis pada BAB II. Pasa sub bab tinjauan pustaka proposal penelitian umumnya terdiri dari : (2.1). Penelitian terdahulu, (2.2). Konsep Teori yang relevan dengan variabel penelitian, dan (2.3). Kerangka konsep atau kerangka pikir. (Baca BAB-II Tinjauan Pustaka)

3. Metodologi Penelitian

Metodologi  Penelitian dalam proposal adalah yang  menyangkut model, prosedur, dan format penelitian, seperti hal-hal tentang metode dan teknik penelitian, instrumen penelitian, subyek penelitian, prosedur penelitian, waktu penelitian, obyek penelitian  dan desain penelitian, metodologi penelitian ini pada umumnya ditulis pada bab III. Pada sub bab Metodologi proposal penelitian, Metodologi umumnya terdiri dari : (3.1). Obyek Penelitian, (3.2). Populasi dan Sampel, (3.3). Instrumen Penelitian, (3.4). Prosedur pengumpulan data, (3.5). Analisis Data, (3.6). Definisi Operasional Variabel (Baca Penjelasan BAB-III Metodologi Penelitian)

Susunan Komponen penelitian diatas, sangat tentatif tergantung dari kebijakan Perguruan Tinggi masing masing.

Proquest

Belajar Menulis Skripsi & Tesis