Kiat Memilih Judul Skripsi

Kiat Memilih Judul Skripsi Istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku disebut sebagai skripsi. Skripsi adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon sarjana untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. Oleh karena itu mahasiswa harus bisa mempertanggungjawabkan tugas akhirnya di depan dosen penguji dan pembimbing. Banyak sekali mahasiswa bingung dan kewalahan dikarenakan mahasiswa tidak memahami apa yang ditulis dan dibahasnya dalam skripsi tersebut, di karenakan sulitnya mahasiswa menterjemahkan apa yang ada dalam pikirannya yang kemudian membahasakan dalam tulisannya

Judul merupakan sesuatu yang sangat penting karena merupakan wajah yang mencerminkan isi. Oleh sebab itu judul harus dibuat semenarik mungkin. Termasuk judul skripsi ibarat wajah atau muka, judul merupakan kesan pertama yang akan dilihat orang. Jika judulnya menarik orang akan tertarik untuk membaca isinya. Selain menarik judul harus propokativ

Skripsi sudah menjadi kebiasaan para mahasiswa bahwa seakan telah menjadi sesuatu yang menakutkan. Jangankan menulis isi, menentukan judulpun sudah sangat sulit. Pemikiran pemikiran inilah yang membuat banyak mahasiswa lambat menyelesaikan jenjang sarjana. Padahal menulis skripsi itu mudah, jika anda memang berniat untuk merampungkan studi skripsi bukan lagi sebagai sandungan. Menulis skripsi akan menjadi hal menyenangkan. Agar menulis skripsi menjadi pekerjaan menyenangankan, anda harus memiih topic dan judul paling disukai. Dengan demikian, anda tidak akan merasakan sebuah tuntutan serta tekanan. Jika didasari rasa suka, apa yang adnda lakukan akan dianggap sebagai kesenangan serta kebiasaan dalam beberapa bulan.

Menulis Skripsi dengan Baik

Sebelum menentukan judul yang tepat, penulis sebaiknya menentukan dulu topik yang akan dibahas dan diteliti dalam tugas akhir tersebut. Karena tanpa penentuan topic yang jelas, tidak akan ada skripsi yang mengarah pada pokok pembahasan setelah itu, barulah penulis membuat kerangka penulisan yang sesuai dengan teknik dan metode penelitian. Untuk mempermudah penulisan skripsi, berikut langka langkah yang bias diikuti agar membuat skripsi menjadi lebih mudah :

Tentukan Topik Utama

Dalam menentukan topik, pilihlah topic yang bersifat general. Setelah menemukan topic umum, barulah tentukan topik khusus yang sangat berkatian dengan penelitian dan pembahasan selanjutnya. Misalnya, Pemilihan topok umum berupa permasalah Keuangan barulah pilih topic khusus yang berupakan bagian dari pada permasalahan keuangan. Tentukan Alasan Pemilihan Hal Ini perlu diperhatikan karena dalam menentukan judul, penulis juga harus memiliki alasan tertentu mengapa memilih permasalah tersebut untuk ditelikti dan dibahas. Dengan kemahiran dan penguasaan materi, penulis akan lebih mudah mempertanggungjawabkan isi skripsi dibandingan dengan penulis yang menulis skripsi dengan alakadarnya tanpa mengetahui latarbelakang yang jelas mengapa ia memilih permasalah tersebut untuk dikaji. Misalnya saja, dalam memilih patologi keuangan sebagai permasalah keuangan, penulis harus mengetahui apa saja yang berperan penting terhadap munculnya patologi tersebut.

Kuasailah Teknik Menulis dan Struktur Penulisan Skripsi. Setelah memilih topic dan menentukan alasan yang kuat mengapa anda memilih topic tersebt, kembangkanlah kerangka penulisan menjadi lebih terperinci dan sesua dengan tujuan penelitian.

Memilih Judul Skripsi

Seperti yang telah dikemukakan, judul adalah wajah depan skripsi Anda jadi, pandai-pandailah memilih judul menarik, provokatif, dan disenangi oleh Anda. Pemilihan itu tentu saja tidak serumit yang dibayangkan. Berkut ini merupakan beberapa tips memilih judul skripsi yang cukup efektif. Pilih judul yang menarik menurut Anda dan menurut dosen pembimbing.
Kesepahaman dengan dosen pembimbing sangat penting untuk menunjang kelancaran Anda dalam menyusun skripsi.

Pilihlah judul yang teori dan referensinya mudah dicari di internet maupun perpustakaan. Semakin banyak referensi, semakin mudah pula penelitian Anda.
Setelah menemukan judul tertentu, lakukanlah survey yang berkaitan dengan judul penelitian tersebut. Cara ini akan membantu Anda untuk menentukan tingkat kesulitan judul yang di buat.
Tentukan jenis skripsi yang akan Anda buat. Misalnya, Anda akan membuat sebuah desain, simulasi, maupun, Penentuan ini sangat penting karena setiap jenis memiliki tahap pembuatan berbeda. Jika Anda membuat simulasi pun biasanya di buat Rangkailah kata-kata atau kalimat judul sehingga membentuk kesatuan yang menarik. Hal ini akan membantu Anda untuk meyakinkan dosen pembibing bahwa judul yang di pilih memang layak diterima.

Itulah beberapa tips untuk memilih judul skripsi. Jika anda termasuk salah satu mahasiswa yang kesulitan mencari judul skripsi, (Lihat contoh Judul disini). Percayalah, segala sesuatu yang anda kerjakandengan niat dan tujuan yang baik pasti akan di beri jalan terbaik.

Belajar Menulis Skripsi & Tesis

New Post

Sensasi Belanja Ala Mall

funika