Cara Menulis Proposal BAB I Pendahuluan

Cara Menulis Proposal

Proposal Penelitian adalah sebuah konsep rencana pra penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa untuk mempersiapkan berbagai prosedur yang akan dilakukannya pada saat meneliti. Proposal Penelitian umumnya terdiri dari 3 BAB yaitu BAB I Pendahuluan, BAB II Tinjauan Pustaka dan BAB III Metodologi Penelitian. BAB I PENDAHULUAN ini pada dasarnya memuat (1) Latar belakang Masalah, (2) Rumusan Masalah, (3) Tujuan Penelitian, (4) Manfaat Penelitian, (5) Ruang Lingkup Penelitian. Jumlah Halaman untuk BAB Pendahuluan antara 5 - 10% dari jumlah halaman keseluruhan (Lihat juga Tips membuat proposal). Penjelasan masing masing sub sebagai berikut :

(1). Latar Belakang Masalah.

Latar belakang masalah adalah bagian I dari BAB Pendahuluan Didalam bagian ini dikemukakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan baik kesenjangan teoritik(Gap Researc)maupun kesenjangan praktis(Gap Fenomena) yang melatar belakangi masalah yang diteliti. Didalam latar belakang masalah ini dipaparkan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman/pengamatan pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti. Dengan demikian, masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.

(2). Rumusan Masalah.

Rumusan masalah adalah bagian II dari BAB Pendahuluan hendaknya disusun secara singkat, padat, jelas dan sebaiknya dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Rumusan masalah yang baik akan menampakkan variabel-variabel yang diteliti, jenis atau sifat hubungan antara variabel-variabel tersebut, dan subjek penelitian. Selain itu rumusan masalah hendaknya dapat diuji secara empiris, dalam arti memungkinkan dikumpulkannya data untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

(3). Tujuan Penelitian .

Tujuan Penelitian adalah bagian III dari BAB Pendahuluan yang Mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu kepada isi dan rumusan masalah penelitian. Perbedaannya terletak pada cara merumuskannya. Masalah penelitian dirumuskan dengan menggunakan kalimat tanya, sedangkan rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.

(4). Manfaat Penelitian.

Manfaat Penelitian adalah Bagian ke IV dari bab Pendahuluan dimana bagian ini ditujukkan manfaat penelitian terutama bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas. Dengan kata lain, uraian dalam sub bab kegunaan penelitian berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti. Dari uraian dalam bagian ini diharapkan dapat disimpulkan bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan

(5). Ruang Lingkup Penelitian

Ruang Lingkup yang ke V adalah bagian ke V dari BAB Pendahuluan, dan Yang dikemukakan pada bagian ruang lingkup adalah keterbatasan penelitian agar pembahasan lebih fokus. Hal yang perlu diungkapkan disini seperti keterbatasan untuk menjangkau luasnya cakupan variabel yang digunakan atau obyek yang diteliti (Baca juga : Cara Menulis Proposal BAB 2)

Proquest

Belajar Menulis Skripsi & Tesis