Harapan dan Kenyataan (Gap)

Kesenjangan Antara Harapan dan Kenyataan Kesenjangan antara harapan dan kenyataan sesungguhnya adalah masalah. Pada artikel saya sebelumnya telah menjelaskan bahwa sebuah rumusan-masalah-yang-baik. adalah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Hal tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebuah masalah yang baik adalah adanya GAP. Meskipun tidak semua penelitian mensyaratkan adanya hal tersebut

Harapan (expectation)
Harapan adalah kondisi ideal yang diharapkan oleh seseorang atau organisasi yang didambakan di masa yang akan datang. Biasanya harapan – harapan organisasi di tuangkan dalam Visi, misi, tujuan dan strategi individu dan organisasi. Misalnya (1). Harapan perusahaan untuk peningkatan profit dibanding tahun sebelumnya, (2) Harapan perusahaan untuk meningkatkan volumen penjualan dibanding tahun sebelumnya (3) Harapan perusahaan untuk memperluas segmentasi pasar.

some text
Kenyataan (reality)
Kenyataan adalah kondisi yang dialami individu atau perusahaan berupa fakta ril yang terjadi. Kondisi yang terjadi bisa saja sudah sesuai dengan harapan atau justru sebaliknya sangat jauh dari harapan. Ketika kenyataan yang di alami saat itu jauh dari harapan maka sesungguhnya dapat dikatakan bahwa kondisi tersebut ada masalah atau GAP yang perlu untuk identifikas dan diteliti agar kenyataan mampu memberikan harapan bagi yang mendambakan. Misalnya (1) Penjualan pada tahun berjalan profitabilitas cenderung menurun, (2) Volume penjualan cenderung menurun dari tahun ke tahun (3). Sebagian pelanggan berpindah keperusahaan lain.

Kesenjangan Harapan dan Kenyataan Berdasarkan uraian konsep harapan dan kenyataan berdasarkan contoh yang telah dikemukakan, maka pada point 1 Harapan menggambarkan bahwa besarnya harapan atau keinginan dari perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas, namun disatu sisi kenyataan yang terjadi dalam hal ini Point 1 kenyataan menunjukkan (penjualan pada tahun berjalan cenderung profitabilitas sehingga nampak adanya GAP. (Harapan dan kenyataan ini dalam penelitian sering disebut sebagai Masalah. Permasalahan akan selalu ada bilamana keinginan suatu inndividu tidak mampu ia penuhi karena berbagai keterbatasn. . Pengungkapan masalah secara jelas merupakan pendekatan dalam merumuskan masalah dengan tepat sehingga masalah dapat terpecahkan dengan baik.

Proquest

Belajar Menulis Skripsi & Tesis