Cara Menulis Proposal BAB III Metodologi Penelitian

Cara Menulis Proposal BAB III Metodologi Penelitian

Pokok-pokok bahasan yang terdapat dalam bab metodologi penelitian paling tidak mencakup ; (1) Rancangan Penelitian, (2) populasi dan sampel, (3) Instrumen Penelitian/Alat Pengumpulan Data, (4). Prosedur Pengumpulan Data, dan (5) Analisis Data, (6) Definisi Operasional Variabel. Pada BAB III Metode penelitian, jumlah halaman sekitar 15% s.d 20% BAB III, ini merupakan kelanjutan materi sebelumnya pada artikel Tinjauan Pustaka. Adapun sub sub Metodologi Penelitian adalah :

  1. Rancangan penelitian
  2. Rancangan Penelitian diartikan sebagai strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid yang sesuai sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian. Dalam penelitian experimental, rancangan penelitian yang dipilih adalah yang paling memungkinkan peneliti untuk mengendalikan variabel-variabel lain yang diduga ikut berpengaruh terhadap variabel-variabel terikat. Pemilihan rancangan penelitian dalam penelitian experimental selalu mengacu pada hipotesis yang akan diuji.
    Pada penelitian nonexperimental, bahasa dalam sub bab rancangan penelitian berisi penjelasan tentang jenis penelitian yang akan dilakukan ditinjau dari tujuan dan sifatnya;

  3. Populasi dan Sampel

  4. Populasi adalah obyek/subyek yang mempunyai kualitas karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari, dan kemudian ditarik kesimpulannya. Sedangkan sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi.
    Sasaran penelitian terdiri dari seluruh anggota populasi, akan lebih cocok digunakan subyek penelitian, terutama dalam penelitian experimental. Dalam survai, sumber data lazim disebut responden dan dalam penelitian kualitatif disebut informan atau subyek tergantung pada cara pengambilan datanya.

    Hal-hal yang dibahas dalam populasi dan sampel adalah (a) identifikasi dan batasan-batasan tentang populasi dan subyek penelitian, (b) prosedur dan teknik pengambilan sampel, serta (c) besarnya sampel.

  5. Instrumen Penelitian/Alat Pengumpulan Data Penelitian

  6. Pada bagian ini dikemukakan instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti.

  7. Prosedur Pengumpulan Data
  8. Bagian ini menguraikan : (a) Langkah-Langkah yang ditempuh (misalnya prosedural administrasi) dan teknik yang digunakan mengumpulkan data, (b) kualifikasi dan jumlah petugas yang terlihat dalam proses pengumpulan data, serta (c) jadwal waktu pelaksanaan penelitian.

    Jika peneliti menggunakan orang lain sebagai pelaksana pengumpulan data, perlu dijelaskan cara pemilihan serta upaya mempersiapkan mereka menjalankan tugas.

  9. Analisis Data
  10. Pada bagian ini diuraikan jenis alat analisis yang digunakan atau metode kuantitatif lainnya. Dilihat
    Metodologi Penelitian
    dari metodenya, ada dua jenis statistik yang dapat dipilih, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dalam statistik inferensial terdapat statistik parametrik dan statistik nonparametrik.
    Pemilihan jenis analisis data sangat ditentukan oleh jenis data yang dikumpulkan dengan tetap berorientasi pada tujuan yang hendak dicapai atau hipotesis yang hendak diuji. Oleh karena itu, yang penting untuk diperhatikan dalam analisis data adalah ketepatan analisisnya, bukan kecanggihannya.

  11. Definisi Operasional Variabel
Definisi operasional variabel adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat atau variabel yang didefinisikan dan dapat diminati. Secara tidak langsung definisi operasional itu akan menunjuk alat pengambil data yang cocok digunakan atau mengacu pada bagaimana mengukur variabel.

Penyusunan definisi operasional variabel perlu dilakukan karena teramatinya konsep atau konstruk yang diselidiki akan memudahkan pengukurannya. Disamping itu, penyusunan definisi operasional memungkinkan orang lain melakukan hal yang serupa sehingga apa yang dilakukan oleh peneliti terbuka untuk diuji oleh orang lain.

Belajar Menulis Skripsi & Tesis